YouTube Uji Coba Fitur Pinch to Zoom, Bisa Perbesar Video

by -1 views

TMDLS.net, Jakarta – YouTube sedang menggarap fitur baru yang mereka sebut “Pinch to Zoom”. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk bisa memperbesar video yang Anda tonton.

YouTube gencar menghadirkan fitur baru yang semakin memudahkan penggunanya. Yang paling baru, platform berbagi video itu sedang menggarap fitur bernama Pinch to Zoom.

Dengan menggunakan fitur Pinch to zoom, memungkinkan pengguna untuk dapat memperbesar video yang ditonton dengan menjepit pemutar video dengan menggunakan dua jari.

Saat ini, Pinch to zoom hanyalah fitur eksperimental, tetapi pelanggan YouTube Premium dapat dengan bebas mendaftar dalam pengujian melalui situs fitur eksperimental YouTube dan mencobanya sendiri.

Saat ini, fitur Pinch to Zoom baru bisa digunakan secara terbatas karena masih dalam tahap uji coba. Tapi bagi Anda pelanggan YouTube Premium, bisa bebas mendaftar melalui situs fitur eksperimental untuk mencobanya.

BACA JUGA:

Tapi harap diingat, masa uji coba untuk pengguna YouTube Premium hanya sampai tanggal 1 September 2022. Setelah tanggal itu, tes Pinch to zoom sudah tidak akan tersedia.

Kemungkinan besar, setelah 1 September, berdasarkan umpan balik pelanggan Premium, YouTube akan memutuskan apakah akan secara resmi merilis fitur Pinch di platformnya atau malah mungkin tidak merilisnya sama sekali.

Sebenarnya jika Anda sering menonton video YouTube, Anda banyak menjumpai video tutorial bagaimana cara untuk memperbesar sebagian video, misalnya video tutorial cara menggunakan opsi zoom-in, yang membantu Anda membaca dengan lebih mudah.

Jika fitur Pinch to Zoom akan benar-benar dirilis, tentu saja akan sangat berguna, karena akan lebih mumudahkan Anda mendapatkan opsi zoom-in di YouTube. Jadi kita berharap fitur ini akan segera dirilis untuk semua pengguna, setelah pengujian selesai.

Belum lama ini, aplikasi berbagi video juga merilis fitur gres mirip TikTok. Pembuat konten memungkinkan untuk mengimpor video ke YouTube Shorts.

Pengguna YouTube sekarang bisa mengimpor video ke YouTube Shorts secara lebih mudah. YouTube telah menghadirkan fitur anyar untuk melakukan itu. Terlepas dari seberapa besar ukuran video, Anda bisa mengonversi hingga 60 detik, mengubahnya menjadi Shorts menggunakan alat pengeditan di aplikasi.

Jika memutuskan untuk memilih kurang dari 60 detik, Anda dapat merekam video tambahan dengan kamera Shorts dan mengunggah lebih banyak video dari galeri.

BACA JUGA:

Setiap Shorts yang dibuat dari VOD (video on demand) akan menautkan kembali ke video asli, memungkinkan penonton untuk melihat video berdurasi panjang.

Akan tetapi, hanya pembuat video yang dapat mengimpornya ke dalam Shorts. Sebab, alat itu tidak tersedia untuk digunakan oleh pembuat konten selain Anda.

YouTube mengatakan, fitur tersebut sudah tersedia untuk para pembuat konten berbasis mobile di perangkat bersistem operasi iOS maupun Android.

Sekarang, YouTube menghadirkan Pinch to Zoom untuk memudahkan pengguna dalam menikmati video. Cuma, belum tahu kapan fitur itu akan rilis.