Winamp is Back! Versi 5.9 Sudah Tersedia dan Bisa Diunduh!

by -0 views

TMDLS.net, Jakarta – Winamp mati, hidup, mati, dan kini hidup lagi. Winamp versi 5.9 telah tersedia untuk diunduh oleh generasi baru yang lebih ramah layanan streaming.

Winamp 5.9 hadir dengan berbagai perubahan meski tetap mempertahankan tampilan atau visual klasik seperti kali pertama hadir 25 tahun silam atau pada 1997.

Transisi dari membeli musik di media fisik menjadi mendistribusikannya secara digital langsung ke komputer dan perangkat seluler merupakan transisi bergelombang.

Menyalin compact disc atau file digital ke PC relatif mudah. Namun, ukuran kecil MP3 membuat file musik digital portabel memicu pembajakan masif di internet.

BACA JUGA:

Aplikasi berbagi musik seperti Napster, Bearshare, dan Limewire datang dan pergi. Kendati begitu, Winamp menjadi pendamping setia bagi para penyuka file MP3.

Perangkat lunak itu merupakan pemutar media ringan namun berfitur lengkap yang bekerja tanpa harus seribet iTunes Apple atau Microsoft Windows Media Player.

Ketika industri musik akhirnya menemukan cara aman untuk menjual file musik secara online dan akhirnya beralih ke layanan streaming, pamor Winamp memudar.

Setelah aplikasi berganti pemilik beberapa kali, pengembangan aktif berakhir dengan versi 5.666, yang dirilis pada akhir 2013. Empat tahun kemudian, ada versi 5.8.

Versi 5.8 menjanjikan pembaruan besar dengan menambahkan lebih banyak fitur modern seperti streaming cloud  sebelum versi 5.9 RC1 Build 9999 akhirnya dibuat.

Winamp 5.9 menghadirkan opsi untuk menggunakan skin klasik selama instalasi. Namun, basis kode telah ditingkatkan dari Visual Studio 2008 ke Visual Studio 2019.

Peningkatan itu akan menguntungkan tim pengembangan karena mulai memperkenalkan fitur baru, tetapi harus memerlukan Windows 7 SP1 atau yang lebih baru.

Kembalinya perangkat lunak klasik tersebut tidak akan menghidupkan kembali semangat zaman digital pergantian milenium. Streaming masih mendominasi. [SN/HBS]