Rilis iPadOS 16 Menunggu Pengiriman iPad Terbaru?

by -0 views

TMDLS.net, Jakarta – Rilis iPadOS 16 kemungkinan akan menunggu pengiriman iPad keluaran terbaru. Pembaruan perangkat lunak itu bakal mundur satu bulan.

Rilis iPadOS 16 tak akan bersamaan dengan iOS 16 karena berbagai alasan. Padahal, Apple biasanya merilis pembaruan iOS dan iPadOS pada waktu yang sama.

Menurut laporan Bloomberg, seperti TMDLS kutip dari Apple Insider, Kamis (4/8/2022), perusahaan kemungkinan mengambil pendekatan berbeda pada tahun ini.

Apple bakal menunda pembaruan perangkat lunak iPad selama satu bulan. Sumber Bloomberg menyebut, Apple tidak akan merilis iPadOS 16 hingga Oktober.

BACA JUGA:

Alasannya, sumber itu mengungkapkan, Tim Cook dkk sedang melakukan upaya ambisius untuk merombak kemampuan multitasking iPad keluaran terkini.

Di antara fitur-fitur lain, pembaruan perangkat lunak iPad memiliki mekanisme multitasking baru yang disebut Stage Manager yang bermanfaat bagi pengguna.

Mekanisme tersebut bakal memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran jendela, membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, dan banyak manfaat lain.

Menurut kabar, Stage Manager telah menuai kritik dari para penguji beta karena keberadaan bug dan pola yang cukup membingungkan untuk digunakan.

Menunda tanggal rilis akan memungkinkan Apple untuk fokus merilis iOS terlebih dahulu sebelum mengalihkan sumber daya untuk membersihkan iPadOS baru.

Bloomberg juga mengklaim bahwa rilis perangkat lunak Apple telah terlambat dari jadwal pada 2022, bahkan sebelum penundaan perangkat lunak iPadOS.

Misalnya, perusahaan memulai fase beta publik iOS 16 dan pembaruan perangkat lunak iPadOS anyar lebih lambat daripada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, mendorong tanggal rilis pembaruan perangkat lunak iPadOS akan membawa debut lebih dekat ke peluncuran perangkat keras iPad keluaran baru.

Asal tahu saja, iPad keluaran paling baru buatan Apple kemungkinan mencakup iPad Pro dengan chip M2 dan iPad 10,2 inci yang ditingkatkan dengan USB-C.

Seiring fitur multitasking baru, iPadOS 16 juga menambahkan aplikasi cuaca stok, dukungan tampilan eksternal yang ditingkatkan, dan beberapa kemampuan lain.

Apple memang akan menghadirkan banyak fitur baru di iPadOS 16 yang baru saja diumumkan di WWDC 2022. Perangkat iPad akan menjadi lebih versatile.

Sederet fitur baru menarik dihadirkan dalam pembaruan ini. Beberapa di antararnya seperti fitur Collaboration, Stage Manager, Freeform, hingga Reference Mode.

BACA JUGA:

Fitur Collaboration di iPad akan memungkinkan Anda menambahkan orang untuk berkolaborasi secara real-time melalui aplikasi video pihak pertama dan ketiga.

Fitur Freeform memungkinkan untuk mencatat atau menggambar di papan tulis virtual, sedangkan Stage Manager mempermudah bekerja via layar eksternal terhubung.

Namun, pengguna sepertinya harus bersabar untuk bisa menikmatinya. Sebab, laporan menyebut, rilis iPadOS 16 kemungkinan menunggu pengiriman iPad terbaru. [SN/HBS]