Pengguna Instagram Marah “Disuguhi” Foto Bugil Rocker Tommy Lee

TMDLS.net, Jakarta – Instagram dikritik keras di media sosial setelah mengizinkan foto bugil yang diposting oleh drummer Mötley Crüe Tommy Lee. Kemarahan itu dipicu karena foto bugil mantan suami Pamela Anderson itu tayang selam berjam-jam di Instagram.

Tayang foto bugil pentolan grup band legendaris Mötley Crüe itu memicu tuduhan bahwa Instagram menerapkan standar ganda dalam hal aturan foto ketelanjangan pria.

Dalam postingannya, rocker berusia 59 tahun itu menulis “Ooooopppsss” di foto dirinya telanjang bulat dengan alat kelaminnya terlihat. Lee memposting foto itu ke 1,4 juta pengikutnya pada Kamis pagi, dan butuh lima jam bagi Instagram untuk menghapusnya.

Pengguna media sosial mengatakan bahwa wanita dan orang-orang LGBTQ yang selama ini memposting foto yang kurang bersifat cabul sering kali dihapus oleh Instagram dalam waktu yang jauh lebih singkat.

BACA JUGA:

Seorang pengguna Twitter menyesalkan bahwa foto Lee bisa tayang di Instagram selama lebih dari 5 jam, sebelum akhirnya dihapus. Kata mereka, para wanita dan kaum LGBTQ yang memposting foto untuk seni yang tidak menunjukkan alat kelamin seringkali dihapus dalam waktu terbilang sangat singkat oleh Instagram.

Seorang pengguna Twitter lainnya menyesalkan foto Lee ada di Instagram selama sekitar lima jam sebelum ditarik. Kebijakan berbeda berlaku untuk kelompok lain.

“Gadis-gadis tidak bisa memposting foto dengan belahan dada terbuka di Instagram. Namun, Lee bebas melakukannya,” ujar seorang pengguna Twitter.

Seorang pengguna Twitter lainnya menulis bahwa Instagram secara harfiah mempunyai standar ganda paling jelas di antara pedoman komunitas platform.

Juru bicara perusahaan mengatakan bahwa gambar seronok Lee dihapus dalam beberapa jam karena melanggar kebijakan tentang ketelanjangan.

Instagram tidak mengizinkan foto, video, dan beberapa konten yang dibuat secara digital yang menunjukkan hubungan seksual, alat kelamin, dll.

Pedoman Instagram juga melarang foto puting wanita. Instagramhanya mengizinkan foto dalam konteks menyusui, melahirkan, dan momen pasca-melahirkan.

Situasi terkait kesehatan, semisal pasca-mastektomi, kesadaran kanker payudara, atau operasi konfirmasi gender, atau tindakan protes, juga diizinkan.

Masih menurut Instagram, foto telanjang dalam konteks seni juga diperbolehkan tayang di platform asalkan dalam bentuk lukisan, patung, dan sejenisnya.

Instagram menegaskan, konten vulgar dengan objek pria maupun wanita sama-sama tidak diizinkan tayang di platform. Instagram akan menindak secara tegas.

Namun, Instagram tidak menyatakan telah kecolongan atas kemunculan foto telanjang Lee di platform. Instagram cenderung memberi penjelasakan normatif. [SN/HBS]

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.