Peluncuran Artemis 1 NASA Ditunda Lagi, Gara-gara Roket Bocor

TMDLS.net, Jakarta – Peluncuran Artemis 1 NASA pada hari Sabtu (3/9/2022) waktu setempat harus ditunda lagi. Menurut NASA, penundaan kali ini disebabkan roket mengalami kebocoran bahan bakar.

Peluncuran Artemis 1 NASA juga ditunda pada akhir Agustus 2022 lalu. Penundaan disebabkan oleh permasalahan satu dari empat mesin yang menyokong roket.

Seperti TMDLS kutip dari Reuters, Minggu (4/9/2022), NASA telah memutuskan untuk menunda peluncuran ke Mars itu hingga beberapa minggu ke depan.

Operasi preflight dibatalkan sekitar tiga jam sebelum jadwal. Roket Space Launch System 32 lantai dan kapsul Orion tak jadi melesat dari Cape Canaveral, Florida.

BACA JUGA:

Uji terbang tanpa awak, yang bertujuan meluncurkan kapsul ke Bulan, menandai pelayaran perdana SLS dan Orion setengah abad setelah misi bulan terakhir Apollo.

Hitung mundur dibatalkan setelah teknisi Kennedy Space Center melakukan tiga upaya gagal untuk memperbaiki kebocoran “besar” dari propelan hidrogen cair.

NASA menyimpulkan, kebocoran hidrogen terlalu rumit dan memakan waktu untuk menyelesaikan pemecahan masalah dan memperbaiki landasan peluncuran.

Penundaan peluncuran berarti kesempatan paling mungkin untuk mencoba lagi akan berlangsung selama periode peluncuran pada  19-30 September 2022 nanti.

“Atau, bisa jadi, peluncuran berikutnya pada Oktober 2022 nanti,” terang seorang administrator NASA, Jim Free, kepada para wartawan pada briefing sore hari.

Mike Sarafin, manajer misi Artemis NASA, mengatakan, upaya untuk menyelesaikan hambatan teknis terbaru akan membutuhkan “beberapa minggu kerja.”

Kepala NASA, Bill Nelson, mengatakan sebelumnya bahwa kemunduran jadwal akan menunda upaya peluncuran berikutnya setidaknya hingga pertengahan Oktober.

“Sebagian untuk menghindari konflik penjadwalan dengan kru Stasiun Luar Angkasa Internasional berikutnya yang akan diluncurkan pada awal bulan itu,” ucapnya.

Penundaan hari peluncuran dan malfungsi tidak jarang terjadi dalam bisnis luar angkasa, terutama untuk roket baru seperti Sistem Peluncuran Luar Angkasa NASA.

BACA JUGA:

Roket luar angkasa adalah kendaraan kompleks dengan serangkaian prosedur pra-pengangkatan yang belum sepenuhnya diuji dan dilatih oleh para insinyur. [SN/HBS]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.