NASA Kirim iPad ke Bulan Pakai Roket, Buat Apa Sih?

TMDLS.net, Jakarta – NASA kirim iPad ke Bulan pakai roket mega bulan baru yang disebut Space Launch System. Kira-kira, NASA mau pakai iPad buat apa?

NASA kirim iPad ke Bulan guna mendukung perjalanan panjang pesawat luar angkasa tanpa awak bernama Orion dalam misi panjang yang disebut Artemis 1.

Tujuan utama misi itu adalah untuk menunjukkan bahwa roket dan pesawat ruang angkasa baru mampu mengirim astronot ke Bulan dalam misi masa depan.

Seperti TMDLS kutip dari 9to5mac, Kamis (11/8/2022),NASA akan menggunakan iPad di Bulan untuk membantu menguji asisten suara Alexa Amazon di Orion.

Sekadar informasi, untuk kali pertama sejak program Apollo berakhir pada pertengahan 1970-an, AS memiliki program aktif ke Bulan yang disebut misi Artemis.

Jika Apollo berfokus kepada penjelajahan Bulan, ambisi Artemis adalah membangun infrastruktur untuk mendukung masa depan penjelajahan di luar Bumi.

Sambil menunggu keberhasilan misi Artemis 1, NASA berencana memulai misi berawak yang dimulai dengan Artemis 2 dalam dua tahun mendatang atau 2024.

Setahun kemudian atau 2025 nanti, badan antariksa AS tersebut berencana untuk mengirim wanita dan orang kulit berwarna pertama ke permukaan Bulan.

Menurut NASA, Artemis 1 akan mendemonstrasikan peluncuran roket SLS dan menguji pelindung panas Orion saat masuk kembali melalui atmosfer Bumi.

Eksperimen yang kurang dipublikasikan bernama Callisto akan menunjukkan bagaimana teknologi konsumen dapat berintegrasi dengan pesawat ruang angkasa.

Alexa dan WebEx oleh Cisco akan digunakan untuk demo teknologi. Tujuannya untuk menunjukkan bagaimana perintah suara dapat meningkatkan cara hidup astronot.

“Saya bisa membayangkan astronot bakal dapat mengakses informasi tentang status penerbangan dan telemetri,” kata Howard Hu, wakil manajer program Orion. [SN/HBS]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.