iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Pro akan Gunakan Panel LTPO

by -3 views

TMDLS.net, Jakarta – iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Pro bakal menggunakan panel berteknologi backplane LTPO untuk mengaktifkan fitur ProMotion, atau “bahasa jualan” Apple untuk penyebutan layar dengan refresh rate tinggi.

iPhone 14 Pro Max berlayar 6,7 inci dan model 14 Pro dengan layar 6,1 inci juga akan menggunakan set material M12 yang sekarang baru dikembangkan.

Sebagai referensi, Samsung Galaxy S22+ dan Galaxy S22 Ultra menggunakan set M11, sedangkan Galaxy S22 mendapatkan set M10 yang lebih lama.

Khusus perangkat seluler Samsung, Galaxy Z Flip4 dan Galaxy Z Fold4 yang segera rilis akan menjadi yang pertama menggunakan set material M12 baru.

TMDLS kutip dari GSM Arena, Selasa (2/8/2022), Samsung akan memasok layar untuk empat model iPhone 14 dan telah menerima pesanan 80 juta panel.

LG juga akan ikut serta, membangun panel untuk smartphone Apple 14 model standar dan model 14 Pro Max unggulan, dibuat dengan set bahan berjenis RS-L.

Namun, laporan tidak menyebutkan nama perusahaan China BOE, yang dilaporkan mengamankan pesanan panel dalam jumlah tidak banyak dari Apple.

Berbeda dari 14 Pro Max dan 14 Pro, iPhone 14 model standar berukuran layar 6,1 inci dan model 14 Max ukuran 6,7 inci akan pakai backplane LTPS.

Sekadar informasi, LTPO adalah singkatan dari polikristalin oksida suhu rendah dan mengacu kepada jenis teknologi backplane tertentu di layar OLED.

OLED adalah singkatan dari dioda pemancar cahaya organik. Layar OLED biasanya memakai silikon polikristalin suhu rendah (LTPS) untuk transistor film tipis.

Memanfaatkan LTPS dan Indium Gallium Zinc Oxide, Apple dapat memakai kombinasi teknologi LTP dan LTPO untuk manfaat baru sambil menjaga kproduksi.

BACA JUGA:

LTPO adalah terobosan karena tidak memerlukan komponen tambahan antara pengontrol layar dan unit pemrosesan grafis (GPU) untuk kecepatan refresh dinamis.

Perangkat pertama Apple yang benar-benar memanfaatkan keunggulan LTPO adalah Apple Watch 5 dengan kecepatan refresh yang bisa turun hingga 1Hz.

Apple belum memadukan teknologi yang dapat dipakai LTPO dengan layar kecepatan refresh seperti di iPad Pro. Apple akan menghadirkannya di iPhone. [SN/HBS]