Intel Ganti Nama Celeron dan Pentium Mulai Tahun 2023

TMDLS.net, Jakarta – Intel mengumumkan untuk mengganti nama merek Celeron dan Pentium untuk CPU, mulai tahun 2023. Rencananya kedua nama merek tadi akan diganti menjadi Intel Processor.

Dikutip TMDLS dari Engadget pada Senin (19/9/2022), Intel telah menggunakan merek Celeron dan Pentium untuk produk CPU sejak tahun 1990-an. Kemudian seiring perkembangan teknologi, kedua merek tersebut lebih banyak dipasangkan untuk laptop kelas bawah.

Akhirnya mulai tahun 2023 mendatang, Intel akan mengganti nama Celeron dan Pentium dengan nama Intel Processor.

“Perusahaan mengganti kedua nama merek untuk chip laptop kelas bawah demi lencana Intel Processor yang lebih sederhana mulai tahun 2023. Langkah itu akan membantu menyederhanakan” jajaran tersebut,” kata VP Intel Josh Newman.

BACA JUGA:

Intel belum memberikan tanggapan terkait branding untuk prosesor desktop, yang masih mencakup model Celeron dan Pentium yang dirilis tahun ini. Perusahaan hanya menyebut kalau nama merek Core, Evo, dan vPro akan tetap ada.

Adapun keputusan Intel untuk menghapus Celeron dan Pentium, bukan sesuatu yang mengejutkan karena usia kedua nama merek itu sudah tua sehingga membutuhkan penyegaran.

Lalu pergantian nama ini diprediksi tidak mempengaruhi pasar laptop murah atau entry level, karena konsumen di pasar tersebut tidak terlalu peduli dengan nama merek. Ketika membeli laptop, mereka lebih mementingkan harga dan fungsionalitas dasar.

Intel Akan Rilis Gen-13 Raptor Lake

Masih berkaitan dengan Intel, sebelumnya Gen-13 Raptor Lake atau prosesor generasi ke-13 Intel, diklaim berhasil memecahkan rekor dunia. Intel mengklaim, chip itu akan mencapai  8GHz.

Gen-13 Raptor Lake kabarnya akan resmi diumumkan oleh Intel pada bulan depan. Sekarang, Intel mengungkapkan beberapa detail pentingnya di Intel Tech Tour.

Prosesor desktop Raptor Lake akan hingga 15 persen lebih cepat di beban kerja single-threaded dan 41 persen lebih cepat di multi-threaded daripada Alder Lake.

Intel Celeron Pentium

Selain itu, Raptor Lake akan memiliki SKU pertama yang berjalan dengan kecepatan clock stok hingga 6GHz. Intel juga mengklaim, chip itu akan memecahkan rekor.

Menurut Intel, prosesor baru tersebut bakal mencapai mencapai 8GHz pemecah atau yang pertama di dunia. Konon, torehan itu berkat penggunaan nitrogen cair. [NM/HBS]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.