>

TMDLS.net, Jakarta – Cara mengembalikan foto yang dihapus di iPhone sangatlah mudah. Demikian pula untuk membatalkan penghapusan saat Anda berubah pikiran. Berikut ini kami akan membagikan cara mengembalikan foto yang dihapus di iPhone.

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami apa yang namanya salah hapus foto atau gambar di ponsel. Alih-alih dibuat bingung, tahukah Anda bahwa ternyata semua kesalahan ini bisa diperbaiki?

Ya, menghapus gambar dari aplikasi Photos, utamanya di iPhone nyatanya tidak benar-benar menghilangkannya dari ponsel. Setidaknya selama beberapa waktu, mengingat foto tersebut bakal tetap ada di ponsel hingga sekitar 40 hari.

Namun, saat Anda menghapus foto, Photos akan melabelinya dengan berapa hari hingga dihapus secara permanen. Biasanya, Anda menemukan keterangan “29 hari”.

Nah, bagi Anda yang tanpa sengaja atau mungkin berubah pikiran setelah menghapus foto yang ada di iPhone, berikut ini cara membatalkan penghapusan foto tersebut.

Cara membatalkan penghapusan foto di iPhone

  • Di aplikasi Photos, ketuk Album
  • Gulir ke bagian paling bawah dan pilih Recently Deleted
  • Jika diminta, gunakan Face ID untuk membuka album
  • Ketuk foto untuk membukanya
  • Ketuk tombol Recover di kanan bawah
  • Ketuk Recover Photo untuk mengonfirmasi

Bagaimana, cukup mudah, bukan? Nah, jika Anda perlu memulihkan lebih dari satu foto, ada cara yang sedikit lebih cepat daripada melakukannya secara satu-satu.

Cara membatalkan penghapusan banyak foto di iPhone

  • Setelah Anda berada di album Recently Deleted, ketuk Select di kanan atas
  • Ketuk setiap foto yang Anda inginkan
  • Ketuk lagi pada foto untuk membatalkan pilihan jika Anda melakukan kesalahan
  • Ketuk tombol Recover di kanan bawah
  • Ketuk Recover 10 Photos untuk mengonfirmasi

Sekadar informasi, di sistem operasi terbaru iOS 16, fitur untuk mengunci foto yang disembunyikan di iPhone terdapat di album Hidden. Lokasinya berada di galeri iPhone.

Album tersebut secara spesifik berfungsi untuk menjadi wadah sejumlah foto yang disembunyikan pengguna dari galeri iPhone. Hal serupa tidak ada di iOS sebelumnya.

Di iOS versi sebelumnya, menyembunyikan foto di iPhone mungkin bisa dikatakan menjadi hal aneh. Pengguna bisa sembunyikan foto meski tidak benar-benar sembunyi.

Foto yang disembunyikan dari galeri bakal berpindah ke album Hidden. Saat telah berada di album Hidden, bukan berarti foto tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain.

Di iOS versi lama, foto yang disembunyikan di album Hidden bisa diakses secara mudah. Pengguna lain bisa membuka tanpa perlu memasukkan kata sandi pengaman.

Fitur untuk menyembunyikan foto di iPhone dalam album khusus di iOS versi lama pun jadi kurang efektif. Namun, lain hal dengan kehadiran sistem operasi baru iOS 16.

Album Hidden di galeri iPhone bisa dikunci. Saat ingin membuka foto yang disembunyikan, pengguna perlu terlebih dahulu otorisasi dengan memasukkan kata sandi iPhone. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini