>

TMDLS, Jakarta – Tesla merancang inovasi teknologi berupa robot dengan kode nama Optimus. Robot ini memiliki wujud seperti manusia, baik dari bentuk dan juga kemampuan yang dimiliki. Mau bikin seperti Optimus Prime?

Dikutip TMDLS dari Engadget pada Senin (3/10/2022), robot Optimus diperkenalkan di acara Tesla AI Day 2022. Dalam acara tersebut, CEO Tesla Elon Musk menjelaskan kalau robot Optimus sengaja dibuat untuk membantu pekerjaan manusia.

“Tujuan kami adalah membuat robot humanoid yang berguna secepat mungkin untuk membantu jutaan orang, tetapi penggunaan pertama akan dilakukan di pabrik mobil Tesla, kata Elon Musk.

Elon Musk menuturkan kalau robot Tesla Optimus memiliki tinggi kurang dari 6 kaki dan bobot secara keseluruhan 125 pon atau 56 kg.

Wujud kaki dan tangannya menyerupai manusia, serta sendi tubuh robot tersebut menggunakan teknologi Electromechanical Actuators sehingga mampu bergerak secara fleksibel dan menahan beban berat.

“Optimus memiliki tangan tingkat manusia dan dapat bergerak pada 5 Mph dan membawa beban hingga 45 pon meskipun berdiri di bawah 6 kaki dan berat 125 pon,” sambung Musk.

Robot Tesla ini juga cerdas karena didukung oleh teknologi AI, yang mampu bekerja dengan aman tanpa perlu dilatih secara ekstensif. Optimus dilengkapi pula oleh baterai 2,3 kWh yang diklaim mampu bertahan seharian.

BACA JUGA:

Tesla Robot Humanoid Optimus
Robot Optimus sedang simulasi bekerja di pabrik

Perpaduan body yang tangguh dan teknologi AI memungkinkan robot Tesla Optimus mampu menjalakan berbagai perintah yang kompleks, serta melakukan beberapa aktivitas fisik seperti mengangkat atau menggeser benda, menyiram tanaman dan berbagai kegiatan lainnya.

“Jari-jarinya digerakkan oleh tendon logam yang fleksibel dan kuat karena kemampuan untuk menyelesaikan genggaman daya aperture lebar sekaligus dioptimalkan untuk presisi, mencengkeram benda-benda kecil, tipis, dan halus,” ungkap Tesla Director of Autopilot Software Engineering, Milan Kovac

“Robot memiliki kemampuan untuk memahami dan memanipulasi hampir setiap objek dalam kehidupan kita sehari-hari,” sambungnya.

BACA JUGA:

Robot Optimus diprediksi akan dijual 3 hingga 5 tahun mendatang, atau pada tahun 2027 seharga USD 20 ribu atau Rp 305 juta per unit.

“Saya cukup yakin kita bisa menyelesaikan ini dalam beberapa bulan atau tahun ke depan dan mungkin membuat produk ini menjadi kenyataan dan mengubah seluruh ekonomi,” tutup Kovac. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini