>

TMDLS.net, Jakarta – Rilis iPhone 14 tinggal sebulan lagi. Jika Anda bertanya-tanya apakah harus membelinya, atau mending menunggu hingga 2023 untuk beli iPhone 15. Sebaiknya Anda mendengar saran para pakar di tulisan ini, sebelum memutuskannya.

Rilis iPhone 14 memang ditunggu-tunggu. Namun, ada yang bilang, iPhone 2022 tidak mempunyai peningkatan signifikan daripada iPhone sebelumnya. Benarkah?

Ada pengguna yang bimbang, apakah membeli iPhone 14 atau bersabar untuk menunggu iPhone 15 keluaran 2023 mendatang. Pakar akan coba membantu menjawabnya.

Apple, untuk alasan apa pun, membutuhkan waktu sebelum memperkenalkan teknologi baru, meski dilain sisi mengamati pergerakan produsen ponsel Android yang lebih “sat set” menghadirkan inovasi-inovasi baru.

 

Apple tahu bahwa produsen perangkat Android mulai jor-joran menghadirkan spesifikasi tinggi dan fitur-fitur baru yang inovatif. Sebut saja fitur Always-on Display yang sudah lama hadir di ponsel Android, tapi baru akan disematkan pada iPhone.

Demikian pula, Motorola telah memperkenalkan ponsel kamera 200MP dan flagship seri Samsung Galaxy S terbaru yang memiliki kamera utama 108MP. Sedangkan baru tahun ini Apple dilaporkan akan memperkenalkan kamera 48MP.

Tapi tunggu dulu. Bagi Apple, spesifikasi tinggi bukan berarti segalanya. Apple tidak berambisi menjadi yang tercepat soal spesifikasi. Apple ingin pelan tapi pasti. Faktanya, iPhone 13 adalah salah satu ponsel dengan kamera terbaik.

Bagaimana dengan iPhone 14 Series? iPhone 14 Pro dan Pro Max yang kabarnya akan datang dengan “desain baru” layar berlubang berbentuk pil dan kamera 48MP, mungkin akan gagal membuat orang terkesan, karena dianggap inovasinya sudah telat.

Hal itu membuat konsumen mulai bertanya-tanya apakah mereka harus menunggu iPhone 15 yang dirilis tahun 2023, yang dikabarkan akan lebih banyak membawa peningkatan spesifikasi dan fitur baru.

Menurut informasi dari beberapa bocoran sebelumnya, iPhone 15 akan datang dengan fitur port USB-C, Face ID di bawah layar, dan kamera telefoto periskop untuk mendapatkan rentang zoom yang lebih besar.

Ketika ditanya oleh konsumen apakah layak menunggu sampai iPhone 15 rilis pada tahun depan, pakar bernama Mark Gurman dari Bloomberg punya jawaban yang cukup menarik.

Seperti TMDLS kutip dari Phone Arena, Gurman tidak percaya bahwa USB-C adalah peningkatan penting yang diinginkan pengguna, mengingat saat ini sinkronisasi dan konektivitas sudah nirkabel.

Namun, Gurman menegaskan, iPhone 15 akan lebih menarik daripada iPhone 14. Pasalnya, menurut dia, iPhone 14 hanya akan menjadi update kecil dan iPhone 15. Inilah yang menjadi alasan kuat bagi konsumen untuk menunggu sampai tahun depan.

Selain alasan di atas, menurut Gurman, model iPhone 14 standar 6,1 inci dan iPhone 14 Max 6,7 inci hanya akan mendapatkan sedikit peningkatan, dimana Apple akan tetap mempertahankan desain, chip, dan kamera yang sama dengan varian standar iPhone 13.

Selain itu, jajaran seri iPhone 14 bisa lebih mahal daripada seri iPhone 13. Dengan peningkatan yang minim dan harga lebih mahal, tentu saja agak tidak worth it yang bisa didapatkan dari ponsel baru Anda.

 

“Jadi, menurut saya, Anda sebaiknya menunda membeli iPhone 14. Lebih baik menunggu sampai rilis iPhone 15 pada tahun depan,” tandas Gurman.

Well, itu tadi hanya berupa saran saja dari Mark Gurman. Tapi keputusan untuk membeli atau tidaknya, tetap ada di tangan Anda. Lebih baik kita tunggu sampai Apple mengumumkannya pada September nanti. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini