6 Keunggulan ROG Flow X16, Laptop Gaming Lipat Pertama

TMDLS.net, Jakarta  – ASUS resmi memperkenalkan laptop gaming terbarunya ROG Flow X16 (GV601) di Indonesia. Perangkat ini merupakan laptop gaming convertible pertama dan satu-satunya dengan layar 16 inci yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series. Ada 6 keunggulan ROG Flow X16 yang bisa Anda dapatkan.

Tidak hanya itu, ROG Flow X16 juga dibekali dengan sistem pendingin baru dan teknologi layar Nebula Display, sehingga laptop gaming ini juga sempurna untuk para konten kreator.

“Fitur-fitur modern yang tersemat dalam AMD Ryzen 6000 Series Processor memberikan kehandalan performa untuk kreasi konten dan gaming AAA 1080P yang revolusioner,” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan.

Selain memiliki desain baru yang lebih ringkas sebagai laptop gaming convertible, ROG Flow X16 juga membawa sejumlah keunggulan. Bagusnya, keunggulannya tidak hanya asyik diajak untuk bermain game saja, tapi juga enak diajak kerja bagi para content creator.

BACA JUGA:

Nah, berikut ini beberapa keunggulan ROG Flow X16 yang sudah TMDLS rangkum untuk Anda:

1. Prosesor Baru Lebih Bertenaga

Keunggulan Asus ROG Flow X16
Asus ROG Flow X16

Laptop gaming ROG Flow X16 ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series, yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+. Prosesor generasi terbaru AMD tersebut tidak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga efisiensi daya yang lebih baik.

Peningkatan tersebut membuat laptop gaming ASUS terbaru ini memiliki performance-per-watt yang lebih baik yang berpengaruh langsung pada daya tahan baterai. Keunggulan lain dari prosesor AMD Ryzen 6000 Series juga terdapat pada chip grafis terintegrasi.

Kali ini AMD menghadirkan chip grafis terintegrasi AMD Radeon yang menggunakan arsitektur AMD RDNA 2  yang lebih powerful dan efisien. Chip grafis tersebut mampu menghadirkan performa yang optimal untuk bermain game AAA pada resolusi 1080p tanpa menguras daya baterai berlebih.

2. Layar Premium Laptop Gaming

ASUS ROG juga memperkenalkan standar baru layar laptop gaming, yaitu ROG Nebula Display di lini ROG Flow X16. Teknologi layar ini dibangun atas kebutuhan dasar gaming, yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual.

Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula Display seperti ROG Flow X16 dipastikan mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits, dilengkapi fitur Adaptive Sync, serta memiliki response time 3ms.

Tidak hanya itu, layar ROG Nebula Display juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision.

Spesifikasi tersebut menegaskan bahwa ROG Nebula Display dirancang tidak hanya untuk para gamers, tetapi juga untuk para kreator konten.

3. Dilengkapi MUX Switch

Laptop ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. Seluruh laptop gaming ROG dan TUF di tahun 2022 akan dilengkapi dengan fitur tersebut.

Buat yang belum tahu, MUX Switch adalah chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik.

Asus mengklain bahwa peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10% hingga 30%.

Keunggulan Asus ROG Flow X16
Asus ROG Flow X16

4. Chip Grafis Lebih Powerful

Selain ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series Processor, ROG Flow X16 juga dibekali chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti. Chip grafis generasi terbaru dari NVIDIA tersebut tidak hanya powerful untuk gaming, tetapi juga kreasi konten.

Chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series dilengkapi oleh Tensor Core dan RT Core yang berfungsi untuk megakselerasi pemrosesan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang telah digunakan di berbagai game serta aplikasi kreatif.

ROG Flow X16 dibekali dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4 SSD, yang menghadirkan kecepatan transfer yang sangat tinggi, yaitu dengan kecepatan baca hingga 7Gbps. SSD berkecepatan tinggi tersebut membuat proses loading di aplikasi, game, hingga booting dapat dilakukan lebih cepat.

Menemani penyimpanannya, ROG Flow X16 dibekali dengan memori DDR5 4800MHz berkapasitas 16GB (2x8GB). Memori generasi baru tersebut membuat pengalaman gaming serta multitasking lebih baik di ROG Flow X16.

5. Dibekali Teknologi Pendingin Terbaru

ROG Flow X16 merupakan laptop pertama di dunia yang ditenagai sistem pendingin Frost Force Technology. Sistem pendingin terbaru tersebut mengandalkan tiga kipas khusus.

Dua kipas bertugas untuk mengalirkan udara panas dari CPU dan GPU ke luar chasis melalui lubang udara yang sudah dirancang khusus. Sementara kipas ketiga bertugas mendinginkan komponen penting lainnya yang terhubung langsung ke Pulsar Heatsink agar pendinginan lebih maksimal.

Kipas ketiga tersebut membuat ROG Flow X16 dapat beroperasi dengan suhu hingga 7⁰C lebih rendah ketimbang sistem pendingin laptop gaming tradisional.

Tidak hanya mengadopsi sistem pendingin terbaru, ROG Flow X16 juga tetap dibekali dengan liquid metal sebagai pengganti thermal compound tradisional yang biasanya menggunakan bahan silikon.

Liquid metal yang secara khusus dihadirkan oleh Thermal Grizzly tersebut mampu mengalirkan panas pada komponen penting di ROG Flow X16 secara lebih optimal sehingga menghasilkan performa pendinginan yang lebih baik.

6. Kompatibel dengan ROG XG Mobile

Laptop gaming asus
Asus ROG Flow X16

Laptop gaming ini telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang tergolong sangat lengkap untuk sebuah laptop convertible yang sangat ringkas. Port seperti USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.0b, hingga 3.5mm combo audio jack.

Port USB 3.2 Type-C yang ada di jajaran laptop gaming ASUS terbaru juga telah mendukung fitur DisplayPort 1.2 serta USB Power Delivery. Keduanya memungkinkan port USB Type-C tersebut dapat digunakan sebagai display output serta fasilitas pengisian daya melalui adapter USB Type-C atau bahkan power bank.

Laptop ini juga masih dilengkapi dengan port khusus ROG XG Mobile Interface yang memungkinkan laptop gaming ini untuk dapat dihubungkan dengan GPU eksternal ROG XG Mobile.

Berbeda dengan solusi GPU eksternal lainnya, ROG XG Mobile menggunakan koneksi langsung ke jalur PCIe sehingga tidak menyebabkan efek bottleneck pada performa grafis yang ditawarkan.

BACA JUGA:

ROG XG Mobile juga dilengkapi dengan berbagai port tambahan sekaligus dapat berfungsi sebagai power adapter yang dapat mengisi daya ROG Flow X13 saat dihubungkan. ROG XG Mobile tersedia dengan varian chip grafis NVIDIA® RTX 3070 dan RTX™ 3080.

ASUS juga akan menghadirkan ROG XG Mobile dengan chip grafis AMD Radeon RX 6000 series dalam waktu dekat. Tidak hanya dalam hal kelengkapan port, ROG Flow X13 terbaru juga telah dibekali dengan teknologi WiFi 6E terbaru.

Berbeda dengan pendahulunya yaitu WiFi 6, teknologi WiFi 6E hadir dengan tambahan frekuensi koneksi 6GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz. Melalui frekuensi 6GHz, WiFi 6E mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil, dan sejalur dengan kebutuhan para gamer. [HBS]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.