5 Alasan Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G Layak Jadi Pilihan

TMDLS.net – Selalu ada alasan di balik suatu keputusan, demikian juga ketika memutuskan untuk berganti dari smartphone lamanya ke Samsung Galaxy Z Flip4 5G dan Galaxy Z Fold4 5G. Ada 5 alasan Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G layak jadi pilihan.

Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan, mulai dari bentuknya yang bisa dilipat, baterai tahan lama, body yang tangguh, dan fitur canggih yang tak dimiliki smartphone lain.

Bagi Anda yang sudah memiliki smartphone namun berkeinginan untuk melakukan upgrade, beberapa fitur yang dimiliki kedua smartphone lipat Samsung terbaru – Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G, mungkin bisa jadi pertimbangan.

Tentu saja, diluar desain serta form factor yang tak biasa dari smartphone itu sendiri, masih ada kelebihan lain yang patut Anda ketahui. Kami mencatat ada beberapa kelebihan dari kedua ponsel lipat tersebut, yang menjadi alasan kuat untuk membelinya.

Mau tahu apa saja? Berikut ini 5 alasan kenapa Galaxy Z Fold4 5G dan Galaxy Z Flip4 5G layak jadi pilihan.

Fitur Baru yang Tak Dimiliki Smartphone Lain

Siapa yang tidak ingin tampil beda, bisa melakukan sesuatu yang tak bisa dilakukan orang lain? Yes, bahkan perusahaan sekelas Samsung menginginkan hal itu. Terbukti, sebuah fitur bernama FlexCam keluar dari kotak persembunyian mereka.

FlexCam sendiri merupakan istilah yang digunakan Samsung untuk penggunaan kamera Galaxy Z Flip4 ketika ponsel dilipat di antara sudut 75-115 derajat.

Dengan fitur ini, pengguna dapat merasakan kelebihan Galaxy Z Flip4 yang tak hanya dapat mengambil foto dan video dari berbagai angle dengan lebih mudah, ini juga bisa dipakai di Instagram yang membuat pengguna bisa lebih ekspresif dan kreatif saat membuat story dan reels.

Kelebihan Galaxy Z Flip4

Artis kondang Pevita Pearce menjadi salah satu orang yang sudah merasakan fitur-fitur istimewa yang menjadi kelebihan Galaxy Z Flip4 5G. Sebagai seorang aktris yang juga aktif bikin konten di media sosial, Pevita sangat senang menggunakan fitur FlexCam.

“Aku foto pakai FlexCam. Jadi waktu mau bikin konten nggak perlu lagi pake standee atau ribet cari senderan. Cukup sesuaikan FlexCam-nya. Galaxy Z Flip 4 5G really is here for us to take our contents in a greater way,” ujar Pevita Pearce.

“Aku juga coba kemampuan nightography-nya. Hasilnya tetap clear, walau dengan pencahayaan yang minim. Background-nya juga tetap kelihatan natural. Pengalaman ini belum pernah aku dapat di smartphone lain. Jadi bisa makin explore ide dan bikin lebih banyak konten kekinian pakai Galaxy Z Flip4 5G,” beber Pevita.

Lalu, ada Flex Mode yang membuat pengguna bisa mudah mendapat full body shot secara hands-free. Di iterasi sebelumnya, mode penggunaan kamera dalam sudut pelipatan 75-115 derajat masuk dalam fitur Flex Mode. Kini di Samsung Galaxy Z Flip4, fitur tersebut lebih terintegrasi menjadi FlexCam.

Menunjang Produktivitas

Bertahun-tahun yang lalu, ponsel boleh jadi hanya sekedar alat untuk berkomunikasi. Lain hal kini, ketika ketika ponsel menjadi lebih penting dari sebelumnya. Komunikasi masih menempati urutan pertama, namun penunjang produktivitas, tak kalah pentingnya.

Salah satu kelebihan Galaxy Z Flip4 adalah sebuah fitur bernama Auto Framing, yang memastikan perangkat menangkap pergerakan subjek secara presisi. Dengan begitu, pengguna bisa beraksi semaksimal mungkin dengan hasil video yang lebih smooth dan tetap fokus.

Keleluasaan menumpahkan kreativitas inilah yang menjadi alasan kenapa Anya Geraldine jatuh cinta dengan samsung lipat Samsung, dalam hal ini Galaxy Z Flip4 5G.

“Aku sekarang jadi lebih sering ngevlog dan sharing sejak pakai Galazy Z Flip4 karena ada fitur seamless vlogging. Dengan ukurannya yang lebih ramping dibanding smartphone lain, bikin konten jadi bener-bener tidak ribet sama sekali,” ujar Anya Geraldine.

Kelebihan Galaxy Z Flip4
Fitur Auto Framing di Galaxy Z Flip4

“Udah cara pakainya lebih simple, hasil kontennya pun lebih keren dan beda dari yang lain. Baru dengan Galaxy Z Flip4 5G aku ngerasa smartphone itu bisa se-satisfying ini,” sambungnya.

Pengalaman membuat konten yang berbeda pun bisa dilakukan tanpa membuka perangkat sama sekali, dengan adanya fitur Quick Shot pada Cover Screen yang telah diperbarui menjadi kelebihan Galaxy Z Flip4. Berkat fitur ini, pengguna cukup mengambil perangkat lalu swipe Cover Screen untuk memilih opsi foto atau video untuk membuat konten selfie dengan praktis.

Ditambah, kini pengguna juga bisa mendapatkan portrait selfie dengan efek blur yang lebih natural hingga melihat preview foto dan video dengan berbagai rasio tanpa membuka perangkat.

Menariknya lagi, pengguna juga bisa merekam dengan kontinuitas yang seamless dari Quick Shot saat perangkat tertutup ke Flex Mode saat perangkat terbuka tanpa pause atau stop video–ideal untuk pengguna yang mau bikin vlog.

Baterai Tahan Lama

Daya tahan baterai adalah isu klasik dalam dunia smartphone. Itu dulu. Terlebih dengan semakin banyaknya smartphone yang mengandalkan baterai besar hingga membuat penggunanya bebas beraktivitas seharian. Samsung, dalam hal ini bukan pengecualian.

Perusahaan asal Korea Selatan telah membekali smartphone lipat terbarunya – Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G, dengan all-day battery yang mampu menemani pengguna menjalani rutinitas sepanjang hari.

Ditambah lagi, dukungan prosesor canggih Snapdragon 8+ Gen 1 yang membuat konsumsi daya jadi semakin hemat dan efisien. Baterai yang begitu tahan lama ini pun jadi alasan bagi Reza Rahadian untuk menjadikan Galaxy Z Flip4 5G sebagai pilihan.

“Awalnya saya sempat khawatir pakai smartphone lipat aman nggak ya? Galaxy Z Flip4 sudah melewati tes buka lipat hingga 200.000 kali. Bayangkan bisa tahan berapa tahun ke depan,” ujar Reza Rahadian.

Kelebihan Galaxy Z Flip4

Menurutnya, Samsung sudah membuat Flip4 juga lebih kokoh, tahan gores, tahan banting, dan tahan air. Jadi, durability dari smartphone ini tidak perlu diragukan lagi. Walaupun bentuknya mungil, tapi baterai Galaxy Z Flip4 lebih besar dan lebih hemat, bisa tahan 19 jam, yang artinya 3 jam lebih tahan lama dari seri sebelumnya.

Ditambah lagi, lanjut Reza, Galaxy Z Flip4 sudah punya teknologi super-fast charging. “Saya charge 30 menit, baterainya sudah terisi 50%,” ujar aktor pemeran Habibie dalam film Habibie & Ainun itu.

“Dengan kapasitas baterai yang seawet ini, ditambah durability yang lebih kokoh, tahan gores, tahan banting, dan tahan air, sudah nggak ada yang perlu dikhawatirin untuk pakai ponsel lipat yang compact ini,” tutur Reza sumringah.

Layar Lebih Besar

Kelebihan Galaxy Z Fold4

Seiring waktu, layar besar telah menjadi hal yang biasa di kerajaan smartphone. Adakalanya kita bahkan menginginkan yang lebih dan lebih besar lagi. Alasannya sederhana, selain lebih nyaman digunakan untuk menonton, layar besar juga memberikan pengalaman kerja yang lebih baik. Ini menjadi salah satu kelebihan Galaxy Z Fold4.

Bagi seorang Darius Sinathrya, setidaknya ini menjadi alasan, kenapa beralih ke smartphone lipat Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Menurutnya, kelebihan Galaxy Z Fold4 5G ini menawarkan banyak kenyamanan saat digunakan.

Mulai dari layarnya yang ramping sehingga nyaman dalam genggaman saat tertutup, dan lebih luas saat dibuka menambah kenyamanan dalam melakukan banyak hal, seperti menonton video, online meeting, membaca berita, hingga melakukan multitasking.

Kelebihan Galaxy Z Fold4 5G juga memberikan pengalaman bekerja yang lebih praktis layaknya PC dalam genggaman dengan Main Screen yang lebih lapang dan bezel yang lebih tipis, lengkap dengan fitur multitasking inovatif.

 

Layar yang lebih besar membuat pengguna bisa menggunakan Split Screen untuk buka tiga app sekaligus dengan lebih maksimal.

“Dengan Galaxy Z Fold4 ini, yang saya suka adalah apps favorit saya bisa diletakan di Task Bar, di bagian bawah layar, sudah seperti PC. Menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu jadi semakin mudah lagi, termasuk shortcut untuk buka tiga aplikasi favorit sekaligus dengan sekali tap dengan fitur Apps Pair,” kata Darius.

Pengalaman multitasking di Galaxy Z Fold4 5G pun semakin intuitif dengan gesture terbaru untuk beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows atau split screen hanya dengan sekali swipe.

“Di Galaxy Z Fold4, S Pen nya pun sudah bisa langsung capture jadwal yang sudah saya catat di notes, dan langsung saya drop ke kalendar saya,” tambah suami dari Donna Agnesia itu.

Ya, S Pen di Galaxy Z Fold4 5G juga hadir dengan fitur baru Text Capture di mana pengguna bisa mengambil informasi di dalam gambar secara instan tanpa mengetik ulang.

Jadi, saat dapat screenshot berisi alamat, pengguna bisa langsung drag screenshot ke Google Maps untuk mengetahui lokasinya. Dengan cara serupa, pengguna juga bisa bikin agenda dengan capture tulisan di notes lalu langsung di-drop ke kalender.

Dengan berbagai pengembangan yang ditawarkan, S Pen sangat ideal bagi pengguna untuk mengedit foto hingga dokumen, membuat ilustrasi, menyusun notulen dari online meeting, maupun menuangkan inspirasi secara instan.

Kelebihan Galaxy Z Fold4 ini pun dirasakan Darius Sinathrya yang menemukan cara baru dalam bekerja dengan Galaxy Z Fold4 5G.

Kamera yang Lebih Baik

Percayalah, diantara sekian banyak alasan yang digunakan orang untuk berganti smartphone, adakalanya tak ada hubungannya dengan kemajuan teknologi, tetapi berkaitan dengan kamera.

Ada yang salah? Tidak. Terlebih saat ini, ketika tak lagi banyak orang yang mau menenteng kamera kemana-mana. Smartphone dengan kamera yang lebih baik dan tangguh adalah sesuatu yang sulit ditolak.

Raline Shah yang hobi traveling mendapati itu dari Galaxy Z Fold4. Selain terkesima dengan kecanggihan fungsi multitasking yang seamless, hasil jepretan selfie serta kamera belakang dan nightography perangkat ini juga disebutnya sangat memukau. Praktis bagi dia yang hobi traveling.

Raline Shah mengaju sejak memakai Galaxy Z Fold4, dia merasa jauh lebih produktif, karena fitur multitasking-nya yang canggih.

“Sengaja aku foto saat gelap, karena Samsung Galaxy Z Fold4 5G udah punya kemampuan Nightography. Dengan sensor dan powerful chipset yang bikin AI camera-nya makin canggih, hasilnya as bright as daylight,” ujar Raline.

Kelebihan Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Flip4 5G dan Z Fold4 5G pertama diperkenalkan Samsung pada pertengahan Agustyus lalu. Hadir dalam berbagai varian, kedua smartphone sudah bisa didapatkan secara langsung di toko daring dan toko retail terdekat.

Adapun harga yang dibanderol Samsung untuk Galaxy Z Fold4 5G bervariai tergantung besaran RAM, mulai dari Rp24.999.000 (12GB/256GB); Rp26.999.000 (12GB/512GB); dan Rp30.999.000 (12GB/1TB). Smartphone tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

Sementara, Galaxy Z Flip4 5G bisa dimiliki dengan harga Rp13.999.000 (8GB/128GB); Rp14.999.000 (8GB/256GB); dan Rp16.999.000 (8GB/512GB) serta tersedia dalam empat pilihan warna: Bora Purple, Graphite, Pink Gold, dan Blue. [IF/HBS]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.