10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Tips untuk Youtuber!

TMDLS.net – YouTube bukan cuma sebagai media hiburan bagi masyarakat saja, tapi juga sebagai sarana cara menghasilkan uang dari YouTube. Ya, sudah jadi rahasia umum kalau kreator konten bisa memperoleh uang bahkan sampai miliaran rupiah dari YouTube.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mendapatkan uang dari YouTube? Bagaimana cara membuat channel Youtube yang menghasilkan uang? Apakah hanya sebatas upload konten menarik saja? Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube secara cepat? dll

Tim TMDLS saat ini akan membagikan informasi beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube. Cara-cara di bawah ini mungkin bisa menginspirasi Anda untuk memulai karir sebagai kreator konten YouTube dan mendulang pundi-pundi Rupiah.

Jumlah Uang dari YouTube

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Sebelum masuk ke topik utama, Anda mungkin penasaran dan bertanya-tanya, sebenarnya berapa uang yang bisa didapat dari Youtube?

Platform video streaming besutan Google ini akan memberikan uang berdasarkan jumlah view atau disebut Revenue per Impression (RPM). Rata-rata paling rendah uang yang diberikan YouTube adalah USD 0,5 atau setara Rp 7.000 per 1.000 view.

Jika dikalkulasi, maka setiap konten video Anda yang sudah ditonton sebanyak 1 juta kali, maka akan mendapatkan uang sekitar USD 550 atau setara Rp 7 jutaan.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube 

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memulai karir YouTuber dan menghasilkan uang dari sana. Sebagai permulaan, Anda harus konsisten untuk menciptakan konten video berkualitas untuk meraih lebih banyak view dan subscriber.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan: 

  • Hasilkan video dengan tema menarik dan konsisten.
  • Buat judul yang menarik namun tidak menipu.
  • Promosikan setiap video baru di media sosial.
  • Jangan membuat konten plagiat.
  • Hasilkan konten yang memberikan dampak positif bagi penonton.

Jika Anda konsisten membuat konten video seperti di atas, maka cara menghasilkan uang dari YouTube ini dapat Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak uang.

1. Membuat Channel YouTube

cara menghasilkan uang dari youtube

Sebelum bisa mendapatkan uang dari YouTube, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat Channel YouTube. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa melihat tutorial cara membuat Channel YouTube ini.

Sebelum Anda memulai langkah-langkah cara bikin channel sendiri, pastikan Anda sudah memiliki akun Google terlebih dahulu. Tanpa akun Google, Anda tidak akan bisa membuat channel sendiri. Pilih nama yang menarik, yang sesuai dengan konsep channel Anda.

2. Monetisasi YouTube Channel

Setelah Anda memiliki channel sendiri, langkah berikutnya adalah memonetize channel YouTube Anda. Karena dari sinilah Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube. Caranya mudah, masuk atau sign in ke akun YouTube Anda, kemudina pilih menu “Account Information” yang terletak di sebelah kanan atas, lalu klik “Creator Studio”.

Selanjutnya, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel”, kemudian klik “Status and Features”, lalu pilih “Enable Monetisation”. Jika sudah, Anda hanya perlu menyetujui berbaga persyarata atau agreement yang diminta.

3. Daftar ke YouTube AdSense

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Sudah pasti, Anda harus memanfaatkan YouTube Adsense untuk mendapatkan uang dari platform. Program ini adalah kerja sama periklanan yang dikelola oleh Google Adsense yang bisa Anda pakai sebagai cara menghasilkan uang dari Youtube.

Melalui YouTube Adsense, video yang diunggah di platform akan menampilkan iklan. Anda sebagai kreator konten pun akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang tayang di channel YouTube.

Namun, terdapat syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh Anda sehingga bisa memperoleh adsense dengan mudah dan maksimal. Berikut ini syarat dan ketentuan YouTube Adsense:

  • Akun sudah terverifikasi.
  • Usia minimal 18 tahun.
  • Akun Anda harus memiliki 4.000 jam tayang dan terhitung selama 12 bulan terakhir.
  • Harus memiliki minimal 1.000 subscriber.
  • Jangan melakukan komentar spam karena dapat memberikan nilai buruk terkait Akun.

Jika sudah memahami syarat dan ketentuan tersebut, selanjutnya silakan melakukan pendaftaran ke YouTube Adsense. Berikut caranya:

  1. Login akun YouTube.
  2. Selanjutnya silahkan klik ikon profil dan masuk ke menu Settings yang berada di bagian bawah.
  3. Lalu, klik kembali profil Anda dan masuk ke Creator Studio untuk masuk ke dalam dashboard YouTube studio.
  4. Di YouTube Creator Studi, klik Others Features, lalu Monetization yang berada di bawah profil akun.
  5. Anda akan diarahkan ke YouTube Partner Program dan akan mendapatkan lembar informasi mengenai ketentuan monetisasi akun. Jika sudah mengerti, klik I Accept.
  6. Setelah menyetujui YouTube Partner Program, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun Google Adsense.
  7. Masuk ke situs resmi Google Adsense, klik Register dan masukkan URL channel YouTube Anda.
  8. Masukkan alamat email Anda untuk menerima berbagai laporan yang sudah disesuaikan di Google Adsense. Kemudian klik Save dan Next.
  9. Login ke Akun Google dan pilih negara atau wilayah Anda.
  10. Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense, kemudian klik Create Account. Isi persyaratan yang ada, dan Anda kini berhasil login ke akun AdSense yang baru yang terhubung dengan akun YouTube Anda.
  11. Terakhir Anda tinggal menunggu penilaian dari YouTube, apakah akun Anda layak untuk mendapatkan Adsense atau tidak.

4. Bikin Video yang Kreatif dan Unik

cara menghasilkan uang dari youtube

Jurus ampuh bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube yang ampuh adalah dengan membuat video yang menarik dan kretif. Anda coba mencari atau menentukan keunikan channel Anda, yang belum dimiliki channel lain.

Bikinlah video-video unik yang bisa menarik perhatian penonton. Mulai dari penentuan judul, skrip video, dan host atau VO yang Anda siapkan harus menarik perhatian. Jang terlalu kaku yang akan berujung pada video yang membosankan.

5. Live Streaming di YouTube

Cara menghasilkan uang dari Youtube ini bisa efektif jika Anda sudah memiliki subscribers atau fanbase yang cukup banyak. Live streaming di YouTube bisa meningkatkan engangement channel Anda dengan para subscribers atau penonton setia Anda.

Konten dari live streaming bermacam-macam. Selain menayangkan event secara live, di sini juga Anda dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten dari sponsor pada saat acara berlangsung.

6. Endorse

Cara mendapatkan uang

Endorsement dapat menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Perusahaan yang menawarkan endorse kepada kreator konten biasanya ingin produk atau jasanya ditayangkan dalam video.

Bahkan dalam beberapa kasus, perusahaan ingin kreator konten menggunakan produk dan jasa yang mereka tawarkan, melakukan ulasan, dan menayangkannya di platform.

Kontrak yang ditawarkan tentu beragam. Namun apabila kontrak disepakati, Anda bisa menghasilkan uang berdasarkan kontrak yang disepakati.

7. Mengarahkan Traffic ke Link Afiliasi

Salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa Anda pakai adalah Affiliate Marketing. Cara ini cukup populer digunakan karena banyak pemasar affiliate ini menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Semakin masifnya dunia digital yang lebih visual, YouTube dianggap lebih efektif ketimbang mengandalkan blog untuk mengarahkan orang ke affiliate link. Anda bisa mencoba membuat channel YouTube dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link.

8. Menjual Merchandise 

cara menghasilkan uang

Anda pun dapat mencoba untuk membuat merchandise resmi, seperti baju, topi, hingga stiker. Manfaatkan juga platform e-commerce untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan.

Dengan menjual merchandise, Anda akan mendapatkan uang tambahan dari para subscriber setia yang membeli baju atau topi tentang channel YouTube Anda.

9. YouTube Premium Revenue 

Cara mendapatkan uang

Sudah lama YouTube melahirkan fitur YouTube Premium kepada pengguna. Anda sebagai kreator konten pun bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube Premium Revenue.

Sekadar informasi, YouTube Premium adalah fitur langganan berbayar bebas iklan dari YouTube. Platform ini nantinya akan memberikan sejumlah uang kepada channel yang videonya banyak ditonton pelanggan YouTube Premium.

Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk Anda dengan mengajak subscriber menonton video lewat YouTube Premium.

10. Langganan Channel 

 

Terakhir, adalah memberikan kesempatan kepada subscriber untuk berlangganan channel YouTube Anda. Fitur ini memungkinkan subscriber melakukan pembayaran bulanan berulang dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang Anda tawarkan.

Syarat untuk mendapatkan untuk mengaktifkan fitur ini adalah pemilik YouTube berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber.

BACA JUGA:

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mendapatkan uang atau penghasilan dari YouTube. Perlu diingat, Anda memang bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari platform, namun Anda juga harus memperhatikan kualitas konten yang diunggah agar subscriber pun menikmati video yang Anda tayangkan. Selamat mencoba dan berhasil! (NM/HBS)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.